Panglima Hasanuddin dan Kapolda Sulses Siapkan Ribuan Personel Amankan Pemilu

Panglima Hasanuddin dan Kapolda Sulses Siapkan Ribuan Personel Amankan Pemilu

MAKASSAR - Ribuan personel TNI dan Polri mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2019. Alutsista dari TNI dan Polri turut dilakukan pengecekan dalam kegiatan tersebut. Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi dan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Hamidin memimpin langsung kegiatan tersebut.

Surawahadi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kesiapan pengecekan akhir, untuk pergeseran apabila nanti diperlukan, sehingga jika diperlukan tentunya pergeseran-pergeseran akan siap.
"Tadi lihat di lapangan ada 5.000 kemudian dibagi dengan seluruh kelengkapan alutsista yang dimiliki masing-masing," ujarnya di Makassar, Jumat 12 April 2019.

Ia memastikan seluruh personel TNI dan Polri siap mengamankan Pemilu 2019. Juga sudah menyiapkan pasukan cadangan untuk membantu proses pengamanan pesta demokrasi tersebut.

"Saya percaya bukannya semakin tinggi sampai akhir nanti pada masa tenangkan harusnya semakin tenang, tapi kembali untuk deteksi dini saya punya pasukan di wilayah dari kegiatan teritorial dan intelijen itulah yang kita sampaikan. Namanya pasukan pengamanan wilayah itu yang kita siapkan tapi kita juga punya siap pasukan Polri dan pasukan cadangan," jelasnya.

Sementara, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Hamidin menegaskan, personel gabungan tersebut telah siap menjaga situasi tetap kondusif pada hari pemilihan. Bahkan menjamin keamanan masyarakat di TPS.

"Menjaga Kamtibmas yang tetap kondusif jadi kita harapkan masyarakat tidak usah cemas, tidak usah percaya dengan tentang situasi menjelang Pemilu. Yakinlah bahwa kami Polri dan TNI akan menjamin keamanan saudara-saudara masyarakat sekalian sampai ke TPS dan kembali," terangnya.

Terkait pengamanan Pemilu 2019 di Sulsel, sebanyak 1.230 pasukan dikerahkan. Seluruh kekuatan TNI di bawah kendali Kodam Hasanuddin berkisar 12.450 pasukan dan sebanyak 4.100 personel disiapkan di Sulawesi Selatan.


Komentar