Kader Partai Gerindra dan Demokrat Berpeluang Raih Kursi Ketua DPRD Palembang

Kader Partai Gerindra dan Demokrat Berpeluang Raih Kursi Ketua DPRD Palembang

Palembang, Palembangpro.com – Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh internal partai politik dalam pemilihan legislatif (Pileg) yang berlangsung 17 April lalu, PDI Perjuangan diprediksi tersingkir dari kursi ketua DPRD Kota Palembang.

Kursi ketua itu akan digantikan antara Partai Gerindra dan Demokrat. Peluang tersebut tidak lain karena besarnya kursi yang diperoleh, oleh kedua partai dalam merebut hati masyarakat.

Ketua DPC Gerindra Palembang, Sri Wahyuni mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi suara secara internal perolehan suara Gerindra mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan perolehan kursi tahun 2014 lalu.

“Di dapil 1 dan 2 kemungkinan besar mendapatkan 4 kursi. Di dapil  lainnya 1 kursi. Jika dijumlahkan mencapai 8 kursi,” kata Sri Wahyuni, Kamis (25/4).

Dilanjutkan dia, dengan tingginya perolehan kursi akan semakin membuat Partai Gerindra di  DPRD berpeluang meraih Wakil ketua 1.

“Kemungkinan kita mendapatkan jatah wakil ketua 1, kalau untuk ketua mungkin partai lain,” ujarnya.

Dengan perolehan 8 kursi membuat suara Gerindra di DPRD Palembang akan semakin kuat, dan tentu dapat mengimbangi program dari walikota terlebih untuk kesejahteraan dan pembangunan Palembang itu sendiri.

“Pengawasan kita akan semakin kuat dalam mengawasi program yang dijalankan oleh Pemkot Palembang, dan tentu kita juga dapat mendorong program-program prioritas untuk kemaslahatan masyarakat Palembang nantinya,” kata dia.

Sekretaris DPC Demokrat Palembang, Antoni Nurdin belum dapat memberikan informasi secara menyeluruh berapa perolehan kursi partai yang dikomandoi oleh Walikota Palembang pada pileg ini, karena Demokrat masih terus melakukan rekapitulasi secara menyeluruh.

“Kami belum dapat memastikan berapa partai kami memperoleh kursi. Karena saat ini rekapitulasi di tingkat PPK masing berlangsung, kalau sudah ralat porno di PPK maka dapat dipublikasikan berapa kami memperoleh kursi,” katanya

Di dapil 1 dan 2 Demokrat berpeluang meraih masing-masing 2 kursi.  Sedangkan di dapil lainnya Demokrat meraih 1 kursi.

“Namun kita belum pastikan karena rekapitulasi masing berlangsung, mohon doanya ya,” ujar caleg DPRD Palembang ini.

Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memastikan, pada pergelaran Pileg 2019 di tingkat DPRD Kota Palembang, raihan kursi yang didapat dipastikan melejit dibanding Pileg 2014 lalu.

Di mana pada pemilu 2014, PKS hanya berhasil membawa tiga kadernya duduk di DPRD Palembang.

Namun pada pemilu 2019 ini, PKS memastikan ada lima kadernya yang akan duduk di kursi legislatif kota.

“Berdasarkan hasil rekap data C1 per TPS yang kita kumpulkan dari saksi- saksi kita, dipastikan PKS meraih lima kursi nantinya,” kata Ketua Tim Pemenangan PKS Kota Palembang, Baharudin, Kamis (25/4).

Menurut Baharudin, kursi yang didapat itu berada di Dapil I, II, III, IV dan V. Sementara di Dapil VI Kota Palembang, dipastikan tidak ada satupun kadernya yang melenggang ke lembaga legislatif tingkat Kota Palembang.

“Saya rasa akan ada muka- muka baru juga dari kader PKS, dan muka lama tetap ada,” jelasnya.

Diungkapkan Baharudin, meningkatnya peroleh kursi di DPRD Palembang periode 2019-2024 ini, karena beberapa faktor, termasuk kerja kader militan PKS, yang selama ini menjadi kekuatan PKS.

“Di sini juga saya rasa ada dampak aksi 212, dan dampak pemilu serentak dengan Pilpres. Dimana PKS dianggap partai umat dan diiringi dengan suksesi Prabowo,” tuturnya.

Baharudin sendiri mengaku, dalam rekap suara yang sedang berlangsung saat ini ditingkat PPK, pihaknya berharap penyelenggara pemilu untuk melaksanakan tugasnya dengan profesional dan sebaik mungkin, tanpa harus melakukan pelanggaran.

“Antisipasinya kita akan kawal terus perekapan suara hingga tingkat KPU, dan setiap PPK kita persiapkan delapan saksi untuk mengawalnya. Jika ada potensi kecurangan kita akan perbanyak lagi jumlah saksinya,” tegas Baharudin.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, Zulfikri Kadir mengakui jika diprediksi perolehan kursi di DPRD Palembang periode 2019-2024 akan menyusut dari pemilu 2014 lalu.

“Perkiraan kursi untuk DPRD Palembang, kita dipastikan setiap dapil (ada 6 dapil) dapat. Tapi jumlah yang didapat bisa berkurang 2 kursi, dari 9 kursi sebelumnya menjadi tinggal 7 kursi,” tuturnya.

Beberapa nama yang hampir jadi, yaitu Ali Syaban, Yusuf Indra Kesuma, Edi Saad, dan Firmansyah Hasan. “Saya rasa mereka yang duduk, tapi semuanya ada di KPU,” bebernya.

Zulfikri Kadir, memgaku merosotnya perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD Palembang pemilu kali ini, bisa saja dikarenakan persaingan yang ketat antar parpol yang ada, karena sama- sama ingin mendapatkan kursi.

“Bisa saja, penurunan dari efek pemilu serentak dengan pemilu presiden saat ini, dan bisa juga persaingan yang ketat. Termasuk surat suara banyak dan besar, menjadikan masyarakat bingung memilih,” pungkasnya.


Komentar